Pada materi fraktal ini, saya akan memberikan contoh software untuk membuat objek fraktal. Disini saya menggunakan 3D Black Hole sebagai software aplikasinya.
Membuat transformasi 3D "Black_Hole". Pertama kita menghitung gambar transformasi 3Dnya.
Setelah
menghitung
gambar 2D
datar
fraktal,
transformasi
3D
dilakukan.
Jadi, kita harus
menunggu beberapa waktu
sampai terlihat
gambar 3D.
Sebuah gambar yang
cukup membosankan
akan muncul.
Lalu
mengapa gambar
begitu membosankan? Alasan utamanya adalah harus mengubah nilai iterasi
ketinggian. Itu dapat melakukannya dengan hanya mengatakan bahwa nilai iterasi
1 adalah tinggi 1, nkeilai iterasi 2000 peta ke height = 2000. Tetapi itu hampir
tidak pernah akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Jadi, transformasi tinggi
adalah pengguna defineable. Dan tinggi transformasi default tidak cocok untuk
fraktal ini ( pada kenyataannya, itu hanya cocok untuk Mandelbrot standar yang
ditetapkan ketika diperbesar keluar ). Jadi kita harus mengubah fungsi
transformasi tinggi.
Jika
Anda mengubah
parameter
3D,
fraktal
pada dasarnya
tetap sama,
yaitu
gambar
2D
tidak harus
dihitung ulang.
Jika Anda
mengubah
parameter
fraktal
terkait,
maka tentu saja
fraktal
akan
dihitung ulang,
setelah itu
tampilan 3D
disesuaikan.
Mari
lihat pada
fungsi transformasi
tinggi.
Pada awalnya,
memilih
skala dari
bidang
tampilan agar sesuai
fraktal.
Fraktal
Black_Hole
menghasilkan nilai
iterasi
dari 1 sampai
maksimal
5000
( jumlah
maksimum iterasi ).
Pilih xmin = 0 dan xmax = 5000. Sekarang dapat menyesuaikan fungsi transformasi tinggi dengan
kebutuhan kita. Kami
memiliki kontrol atas berbagai macam nilai iterasi dari Black_Hole.
Pada
awalnya, titik
kontrol yang
ada benar-benar
salah. Hapus
mereka
dengan mengaktifkan
mereka
(klik
ke mereka)
dan
menekan tombol hapus
pada keyboard Anda.
Tampilan 3D akan diciptakan saat menghapus titik
kontrol. Ketika titik kontrol telah dihapus, menempatkan titik kontrol baru ke
lapangan, cukup tambahkan sekitar 3 titik kontrol uniformely tersebar di
lapangan ( menambahkan titik kontrol dilakukan dengan mengklik ganda di tempat
yang diinginkan ). Anda harus melihat bahwa tampilan 3D menghasilkan "hasil".
Sekarang
bermain-main
sedikit
dengan
titik kontrol.
Menyeret mereka di sekitar
dan menonton
tampilan 3D
untuk
mendapatkan perasaan
cara kerjanya.
Data tidak cukup halus. Satu pixel memiliki nilai iterasi
500, pixel di lingkungan memiliki nilai 2000,3000 dan 4000! Dan piksel ini
tentu saja menghasilkan ketinggian yang sama sekali berbeda. Dan
ini menyebabkan batang dalam gambar.
Tapi seperti yang di bayangkan, ada solusi : Beberapa jenis
perataan harus diterapkan!
Setelah itu, berilah warna pada objek fraktal. Ini
berarti fraktal tidak menggunakan satu warna dasar dan memodifikasi kegelapan
warna ini. Sebaliknya, menggunakan warna asli dari fraktal dan memodifikasi
kegelapan.
Dan
kemudian aturlah sudut
pandang,
fungsi transformasi
tinggi,
palet
atau
apapun yang lain.
Dapat menghitung animasi dari perubahan ketinggian transformasi rutin, yaitu pegunungan fraktal menghilang dan berubah ke lembah atau apapun yang disukai.
Sumber :