Powered By Blogger

Sabtu, 30 November 2013

Contoh Software Aplikasi untuk Membuat Objek Fraktal


     Pada materi fraktal ini, saya akan memberikan contoh software untuk membuat objek fraktal. Disini saya menggunakan 3D Black Hole sebagai software aplikasinya.

     M
embuat transformasi 3D "Black_Hole". Pertama kita menghitung gambar transformasi 3Dnya.

Setelah menghitung gambar 2D datar fraktal, transformasi 3D dilakukan. Jadi, kita harus menunggu beberapa waktu sampai terlihat gambar 3D. Sebuah gambar yang cukup membosankan akan muncul.

Lalu mengapa gambar begitu membosankan? Alasan utamanya adalah harus mengubah nilai iterasi  ketinggian. Itu dapat melakukannya dengan hanya mengatakan bahwa nilai iterasi 1 adalah tinggi 1, nkeilai iterasi 2000 peta ke height = 2000. Tetapi itu hampir tidak pernah akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Jadi, transformasi tinggi adalah pengguna defineable. Dan tinggi transformasi default tidak cocok untuk fraktal ini ( pada kenyataannya, itu hanya cocok untuk Mandelbrot standar yang ditetapkan ketika diperbesar keluar ). Jadi kita harus mengubah fungsi transformasi tinggi.
Jika Anda mengubah parameter 3D, fraktal pada dasarnya tetap sama, yaitu gambar 2D tidak harus dihitung ulang. Jika Anda mengubah parameter fraktal terkait, maka tentu saja fraktal akan dihitung ulang, setelah itu tampilan 3D disesuaikan.
Mari lihat pada fungsi transformasi tinggi. Pada awalnya, memilih skala dari bidang tampilan agar sesuai fraktal. Fraktal Black_Hole menghasilkan nilai iterasi dari 1 sampai maksimal 5000 ( jumlah maksimum iterasi ). Pilih xmin = 0 dan xmax = 5000.  Sekarang dapat menyesuaikan fungsi transformasi tinggi dengan kebutuhan kita. Kami memiliki kontrol atas berbagai macam nilai iterasi dari Black_Hole.
Pada awalnya, titik kontrol yang ada benar-benar salah. Hapus mereka dengan mengaktifkan mereka (klik ke mereka) dan menekan tombol hapus pada keyboard Anda.
Tampilan 3D akan diciptakan saat menghapus titik kontrol. Ketika titik kontrol telah dihapus, menempatkan titik kontrol baru ke lapangan, cukup tambahkan sekitar 3 titik kontrol uniformely tersebar di lapangan ( menambahkan titik kontrol dilakukan dengan mengklik ganda di tempat yang diinginkan ). Anda harus melihat bahwa tampilan 3D menghasilkan "hasil".

Sekarang bermain-main sedikit dengan titik kontrol. Menyeret mereka di sekitar dan menonton tampilan 3D untuk mendapatkan perasaan cara kerjanya.


Data tidak cukup halus. Satu pixel memiliki nilai iterasi 500, pixel di lingkungan memiliki nilai 2000,3000 dan 4000! Dan piksel ini tentu saja menghasilkan ketinggian yang sama sekali berbeda. Dan ini menyebabkan batang dalam gambar.
Tapi seperti yang di bayangkan, ada solusi : Beberapa jenis perataan harus diterapkan!
 

Setelah itu, berilah warna pada objek fraktal. Ini berarti fraktal tidak menggunakan satu warna dasar dan memodifikasi kegelapan warna ini. Sebaliknya, menggunakan warna asli dari fraktal dan memodifikasi kegelapan.

Dan kemudian aturlah sudut pandang, fungsi transformasi tinggi, palet atau apapun yang lain. Dapat menghitung animasi dari perubahan ketinggian transformasi rutin, yaitu pegunungan fraktal menghilang dan berubah ke lembah atau apapun yang disukai.

  
Sumber :
http://www.chaospro.de/dim.php?PHPSESSID=299ff2b560bebc513414816f9cb0c106