Powered By Blogger

Selasa, 14 Januari 2014

BAGIAN E-BOOK HALAMAN 26-29 (FRAKTAL)



Eksponen parameter menentukan jumlah "arms" dari struktur fraktal Newton. Nilai default adalah "3" sehingga fraktal memiliki tiga arms. Coba masukkan nilai yang berbeda dalam Eksponen (Re) parameter.

Bila Anda telah selesai bereksperimen, masukkan 4 dalam Eksponen (Re) parameter. Maka akan terlihat seperti ini :
                                 
Gambar 27. Contoh Parameter Fraktal

Pada tahap ini, mungkin ingin mengubah ukuran window fraktal. Untuk melakukan ini, klik pada tab Image yang kedua (Fractal Properties) di tool window. 

Pastikan pilihan "Mantain Aspect Ratio" diperiksa dan kemudian masukkan nilai baru dalam bidang lebar.


Menerapkan Algoritma Pewarnaan

Langkah berikutnya dalam menciptakan fraktal adalah untuk menerapkan Coloring Algorithm dengan struktur fraktal.

Caranya dengan klik tab Outside pada tool window Layer Properties.

Algoritma pewarnaan standar disebut "None" dan itu hanya memberikan warna untuk setiap pixel. Selanjutnya langkah untuk memuat algoritma yang akan memberi kontrol lebih kreatif atas gambar.

Klik tombol Browse pada tab Outside yang membawa pada "Select Outside Coloring Algorithm" browser.

Klik pada file Standard.ucl di sebelah kiri dan kemudian pada algoritma Orbit Traps di panel kanan. Lalu klik Open untuk menerapkan algoritma fraktal ini.
Gambar 28. Tampilan gambar penerapan algoritma fraktal.

Orbit Algoritma Mewarnai Traps Sama seperti pada tab Formula, ada beberapa pengaturan pada tab mewarnai Outside (Color Density, Transfer Function, Solid Color, Gradient Offset dan Repeat Gradient) yang muncul terlepas dari algoritma dipilih. Parameter di bawah garis pemisah yang khusus untuk algoritma Traps Orbit.

Gambar 29. Tab Outside.

 
Gambar 30. Langkah standard.ucl

 
Gambar 31. Tampilan fraktal standard.ucl.

Klik panah di sebelah kanan pengaturan Transfer Function dan pilih Log dari daftar drop down. Klik panah di sebelah kanan Trap Shape parameter dan pilih Egg dari daftar drop down.

Fraktal sekarang akan terlihat seperti ini :

Gambar 32. Fraktal yang telah di Transfer Function.
 
Sekarang fraktal telah dikombinasi parameter, garis-garis hitam yang membagi dua masing-masing lengan fraktal. Hal ini disebabkan ketepatan perhitungan Ultra Fractal itu. Efek ini dapat dihindari dengan membuat penyesuaian kecil di tab Location.

Klik pada tab Location dari jendela tool Layer Properties, lalu masukkan 01 di pengaturan Rotation Angle. Ini akan berputar fraktal kentara dan menghilangkan garis-garis hitam.

                Gambar 33. Pengaturan tab Location.                 



Gambar 34. Tampilan fraktal yang telah di atur rotasi.




DAFTAR PUSTAKA

Azis, Abdul. 2012. Modul Praktikum Struktur Data dan Algoritma.
Purnamawan, Ketut I dkk. 2011. Virtual Sculpting Menggunakan Tool Berbasis Vector Pada Triangle Mesh. Surabaya.
Jauhari,Jaidan. 2004. Perangkat Lunak Pembangkit Geometri Fraktal Berbasis Fungsi Transeden. Palembang.
Santi, Rina Candra Noor. 2011. Motif Batik dengan Menggunakan Fraktal.
http://Designing a Leaf-based Graphic Identity for a Biotechnology Corporation_Graphics.com
http://Pengertian Desain Grafis » Ahli Desain Jasa Design & Tutorial Desain Grafis.com